Kamis, 28 Juni 2012

Tinjauan Kesehatan : Hari Gini Masih Pacaran ?


Sobat pembaca, tentunya mengetahui apa yang namanya pacaran ? hari Valentine ? mengingat banyaknya budaya berpacaran yang menjadi tren khususnya anak remaja atau dewasa muda. Terkadang acapkali mendiskreditkan orang yang belum berpacaran. Lho ?

Tahukah Anda, bahwa Islam telah mengatur hubungan antara laki – laki dan wanita, antara mahram dan bukan mahram. Allah telah berfirman dalam surat Annisa : 23 yang menjelaskan bahwa mahram seorang laki – laki (atau wanita yang tidak boleh dikawin oleh laki – laki) adalah ibu (termasuk nenek), saudara perempuan (baik sekandung ataupun sebapak), bibi (dari bapak ataupun ibu), keponakan (dari saudara sekandung atau sebapak), anak perempuan (baik itu asli ataupun tiri dan termasuk cucu di dalamnya), ibu susu, saudara sesusuan, ibu mertua, dan menantu perempuan. Maka yang termasuk golongan bukan mahram adalah sepupu, istri paman, dan semua wanita yang tidak termasuk di dalam ayat di atas.

Kita telah mengetahui dengan jelas, bahwa seorang laki – laki diperbolehkan berkhalwat (berdua-duaan) dengan mahramnya, demikian pula dibolehkan untuk tidak berhijab (tanpa jilbab). Sedangkan untuk yang bukan mahram, sebaliknya. Allah dengan tegas berfirman : “katakanlah kepada orang – orang mukmin laki – laki : hendaklah mereka itu menundukkan sebagian pandangannya dan menjaga kemaluannya, dan katakanlah kepada orang – orang mukmin perempuan : hendaknya mereka itu menundukkan sebahagian pandangannya dan menjaga kemaluannya”.

Pacaran dipandang dari segi kesehatan

Sobat Pembaca, peneliti dari Universitas Valencia menjelaskan berkhalwat dengan wanita yang disukai akan menaikkan sekresi hormone kortisol, hormone ini yang mengatur stress pada tubuh manusia. “cukuplah Anda duduk lima menit dengan seorang wanita, Anda akan memiliki proposi tinggi dalam peningkatan hormone tersebut”, jelasnya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa hormone kortisol sangat penting dan berguna bagi tubuh dalam proporsi yang rendah. Jika terjadi peningkatan di dalam tubuh secara berulang, proses tersebut dapat menimbulkan penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, berefek pada penderita diabetes dan meningkatkan nafsu seksual.

Stress yang tinggi hanya terjadi ketika seseorang laki-laki berkhalwat dengan wanita asing (bukan mahram) dan stress tersebut akan terus meningkat pada saaat wanitanya memiliki daya tarik yang lebih besar. Tentu saja, ketika seorang pria bersama dengan wanita yang merupakan saudaranya sendiri, saudara dekat, atau ibu nya sendiri tidak akan terjadi efek peningkatan hormone kortisol ini. Begitu juga jika pria duduk dengan pria asing, hormone ini tidak akan mengalami peningkatan. Uniknya, hormone ini hanya naik jika duduk berduaan dengan wanita atau pria asing (bukan mahram). Maka jika hal ini terjadi berulang, dapat memperburuk keadaaan dari waktu ke waktu untuk penyakit kronis atau masalah psikologis seperti depresi.

Sobat pembaca, Rasulullah SAW bersabda : “tidaklah ada orang yang seorang laki – laki berkhalwat dengan wanita kecuali setan adalah yang ketiga”. Hadis ini menegaskan diharamkannya berkhalwat bagi pria dengan wanita bukan mahramnya, karena Rasulullah SAW mengingikan umatnya terhindar dari penyakit fisik dan sosial.

Wallahu’alam bishahwab.

*disadur dengan pengubahan seperlunya dari bulletin Dawa’ edisi no.9/tahun ke XII/Februari 2012 yang diterbitkan oleh FSKI FK UNAND Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar