Selasa, 26 Juli 2011

Air Dingin, Sejuk Menyehatkan



Air menjadi bagian kurang lebih 65-71 persen dari berat total tubuh dan merupakan media tempat berlangsungnya hampir setiap proses tubuh. Kebutuhan tubuh akan air, untuk orang dewasa dengan ukuran tubuh rata-rata yang tinggal di daerah beriklim sedang akan memerlukan kurang lebih 2.500 ml air setiap harinya.

Manfaat air dingin yang sejuk diantaranya dapat menghilangkan rasa panas dengan menetralisir kembali suhu tubuh, melancarkan sirkulasi air dalam tubuh dan keringat dapat keluar dengan baik. Karena itu, banyaklah minum meski tak haus. Demikianlah anjuran buat orang yang tinggal di daerah tropis.

Semakin banyak melakukan aktivitas, air akan lebih banyak dikuras dari tubuh. Apalagi bagi orang yang tinggal di daerah tropis. Bekerja di ruang ber-AC pun menuntut orang untuk minum lebih banyak, sekalipun tidak merasa haus. Sebab di ruangan ber-AC orang akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Demikian pula, banyak minumk akan membantu menetralisirkan pengaruh perubahan suhu ruangan.

Tentu itu semua tak sembarang minum, maksudnya minum air putih atau yang lebih dikenal air dokter. Selain khasiatnya tadi, air putih juga menghanyutkan kotoran-kotoran dalam tubuh agar lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang merindukan tubuh lebih langsing, minum air hangat sebelum makan merupakan satu cara untuk mengerem nafsu makan.

Menurut ahli gizi dari Seattle, Susan Kleiner Ph.D banyak minum air putih dapat mengurangi berbagai resiko penyakit berbahaya seperti kanker kandung kemih,colon,dan kanker payu dara.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Seattle Fred Hutchunsen Cancer Reaserch Center, para wanita yang minum lebih dari lima gelas air putih sehari, risiko kanker colonnya menurun sampai 45% dibanding mereka yang hanya minum dua gelas atau kurang per hari.

Martix Fox, seorang peneliti gizi dan lingkungan, dalam bukunya Healthy Water for A Longer Life , memaparkan hasil penelitiannya terhadap penyakit jantung dan kanker. Menurutnya, air sehat adalah yang padat, yaitu yang mengandung kalsium dan magnesium sekitar 300 mg/l dan secara moderat memiliki TDS (Total Disolved Solids) tinggi. Saran terbaik untuk minum air putih adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin sebanyak 6-8 gelas sehari..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar